Selasa, 28 Oktober 2014

Pengertian Berita dan Contohnya

A. Pengertian
     Berita adalah peristiwa atau kejadian yang terkini (aktual). suatu peristiwa bisa disebut berita apabila sudah dilaporkan. berita merupakan fakta atau informasi dari peristiwa yang disiarkan. peristiwa yang masih terserak di lapangan dan belum disiarkan, tidak bisa diseut berita.

B. Struktur penyampaian berita
     Penyampaian berita berkerangka pada enam pokok penting. What (apa), Who (siapa), Where (dimana), When (kapan), why (mengapa), dan How (bagaimana).
     Keenam pernyataan tersebut lazim ditempatkan dibagian awal pemeritaan sebagai bagian yang secepatnya harus diketahui pemirsa. bagian awal berita sering pula disebut pokok berita atau lead. pokok berita memeparkan klimaks kejadian secara ringkas, lengkap, dan jelas. jadi, pokok berita sifatnya ringkas, tetapi menjawab segenap pertanyaan 5W+1H: apa peristiwanya, siapa yang mengalami, kapan, Dimana, mengapa, dan bagaimana suasana atau akibatnya.
bagian awal berita itu adalah pokok berita. bagian berikutnya sampai selesai adalah bagian uraian yang menerangkan kejadian-kejadian yang mendahului klimaks: duduk perkaranya, penjelasan secara luas, perhitungan perhitungan dengan angka, dan sebaliknya. itulah susunan piramida terbalik, yang memudahkan orang lekas menangkap pokok berita. bahkan bila tidak sempat membaca seluruh berita, cukuplah menyimak lead-nya saja sebab lead itu sudah mencakup seluruh berita.

C. Pokok-pokok berita
     Pokok-pokok berita terangkum dalam rumus 5W+1H (What, Who, Where, When, Why, How). pokok-pokok berita itu terdapat pada lead atau kepala berita. adapun penyajian berita selanjutnya, disebut dengan tubuh atau ekor berita.

Contoh Piramida Terbalik

Contoh berita
Tanah Longsor di Manado, Tiga Orang Tewas
MANADO - Hujan deras yang mengguyur Kota Manado, Sulawesi Utara, mengakibatkan tanah longsor di Kelurahan Bumi Nyiur, Kecamatan Wanea, Sabtu (30/8/2014) dini hari tadi. Rumah kos milik Kaat tertimbun tanah. Akibatnya, tiga orang penghuni kos tewas.

Korban diketahui bernama Grace (25), Audi Lumenong (20), dan Titiobeti (24). Hanya saja, hingga siang ini baru jenazah Grace yang berhasil ditemukan. Dua korban lain masih dalam pencarian petugas SAR.
Saksi mata menuturkan, longsor terjadi saat korban berada di ruang tamu. Tiba-tiba, terdengar bunyi sangat keras dari belakang rumah. Penghuni kos lain sempat lari keluar, sementara tiga korban tidak berhasil.
Longsor diduga terjadi akibat struktur tanah yang labil ditambah guyuran hujan deras sejak Rabu kemarin.
Petugas mengalami kesulitan mencari korban arena medan lokasi longsor yang sangat curam. Jenazah Grace baru ditemukan setelah delapan jam.

Analisis Pokok-pokok berita
No
Unsur-unsur Berita
Uraian
1.
(What) Peristiwa apa?
tanah longsor yang mengakibatkan 3 orang tewas.
2.
(Where) dimana peristiwa itu terjadi?
Kecamatan Wanea, Kota Manado, Sulawesi Utara.
3.
(When) Kapan peristiwa itu terjadi?
Sabtu (30/8/2014)
4.
(Who) siapa yang mengalami peristiwa itu?
Grace (25 tahun), Audi Lumenong (20 tahun), dan Oneng Titiobeti (24 tahun).
5.
(Why) mengapa peristiwa itu terjadi?
Longsor diduga terjadi akibat struktur tanah yang labil ditambah guyuran hujan deras sejak jumat kemarin.
6.
(How) Bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi ?
Saksi mata menuturkan, longsor terjadi saat korban berada di ruang tamu. Tiba-tiba, terdengar bunyi sangat keras dari belakang rumah. Penghuni kos lain sempat lari keluar, sementara tiga korban tidak berhasil.

Berdasarkan pokok-pokok tersebut, berita tersebut dapat diringkas sebagai berikut.


     Tanah longsor yang mengakibatkan 3 orang tewas di kecamatan wanea, kota menado, sulawesi utara. peristiwa ini terjadi sabtu dini hari (30/08/2014). Longsor diduga terjadi akibat struktur tanah yang labil ditambah guyuran hujan deras sejak jumat kemarin. Saksi mata menuturkan, longsor terjadi saat korban berada di ruang tamu. Tiba-tiba, terdengar bunyi sangat keras dari belakang rumah. Penghuni kos lain sempat lari keluar, sementara tiga korban tidak berhasil.

6 komentar: